Berapa Pendapatan Gaji yang Cukup untuk Hidup di Jakarta?

- 13 April 2024, 20:33 WIB
/ZonaPriangan.com/Pexels/Ahsanjaya/

RUBLIK DEPOK - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) untuk para pekerja di wilayahnya senilai Rp 5.067.381 per bulan. Nilai UMP 2024 DKI Jakarta ini 3,6% lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya yang senilai Rp 4.901.798.

Namun, penetapan UMP DKI Jakarta 2024 ini menimbulkan perdebatan. Banyak buruh menolak nilai tersebut karena dianggap tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup di Jakarta.

Lantas, sebenarnya berapa besaran gaji yang diperlukan untuk bisa hidup layak di Jakarta?

Perencana keuangan Hawa Ajeng mengungkapkan bahwa besaran UMP 2024 seharusnya sudah cukup untuk hidup layak di Jakarta. Ajeng berpendapat bahwa UMP sendiri dihitung untuk memenuhi kebutuhan hidup.

"UMP sekarang cukup layak kok, karena Jakarta punya banyak alternatif dari paling murah sampai paling mahal. Tinggal kita pintar-pintar pilih alokasi penggunaan dana," kata Ajeng.

Namun, Ajeng juga mengakui bahwa cukup-tidaknya besaran gaji yang diterima sangat bergantung pada bagaimana cara mereka mengeluarkan uang tersebut.

"Cukup nggak cukup bukan berdasarkan berapa yang masuk ya, tapi bagaimana kita mengeluarkan yang masuk tadi atau bagaimana cara kita mengeluarkannya," ungkap Ajeng.

Ajeng juga menyoroti gaya hidup masyarakat Jakarta yang seringkali bersifat konsumtif dan cenderung boros. Gaya hidup seperti nongkrong di kafe, membeli barang-barang yang sedang tren, mengikuti tren war tiket konser, dan lainnya dapat membuat gaji UMP terasa tidak cukup.

Ajeng menekankan bahwa gaya hiduplah yang harus menyesuaikan pendapatan, bukan sebaliknya.

Halaman:

Editor: Iswahyudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah