Samsung Galaxy S24 Ultra Jadi Smartphone Android Terlaris di Dunia

- 13 Mei 2024, 14:51 WIB
Samsung Galaxy S24 Ultra HP Terlaris Android, iPhone Masih Juara.
Samsung Galaxy S24 Ultra HP Terlaris Android, iPhone Masih Juara. /Samsung

RUBLIK DEPOK - Menurut laporan dari firma riset Counterpoint yang diterbitkan pada Senin (6/5/2024), Samsung dan Apple menjadi merek smartphone yang paling laris di dunia pada triwulan pertama tahun ini. Counterpoint merangkum 10 smartphone terlaris di dunia pada kuartal I-2024 dan menemukan bahwa hanya smartphone dari dua merek ternama, yaitu Apple dan Samsung, yang masuk dalam daftar tersebut.

Samsung Galaxy S24 Ultra menjadi smartphone Android terlaris di dunia pada kuartal Januari-Maret 2024. Ponsel ini berhasil meraih penjualan tertinggi dengan pangsa pasar sebesar 1,9 persen dibandingkan dengan ponsel Android lainnya dalam daftar. Meskipun awalnya berada di peringkat kelima, Samsung Galaxy S24 Ultra akhirnya menjadi smartphone Android paling laris karena empat posisi di atasnya diisi oleh iPhone dengan sistem operasi iOS.

Counterpoint menyebutkan bahwa fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) generatif pada Galaxy S24 series turut mendorong penjualan ponsel flagship Samsung. Performa yang kuat dari Galaxy S24 series dipercaya karena perilisan yang lebih awal dan upaya Samsung dalam menghadirkan teknologi AI generatif.

Selain Galaxy S24 Ultra, beberapa model ponsel Android lainnya yang laris di berbagai negara antara lain Galaxy A15 5G, Galaxy S24, dan Galaxy A34. Secara keseluruhan, lima model iPhone dan lima ponsel Samsung Galaxy masuk dalam daftar ponsel terlaris kuartal I-2024 versi Counterpoint, kebanyakan adalah ponsel flagship.

iPhone 15 Pro Max menjadi ponsel terlaris peringkat pertama dengan pangsa pasar 4,4 persen, diikuti oleh model iPhone lainnya seperti iPhone 15, iPhone 15 Pro, dan iPhone 14. Counterpoint menunjukkan bahwa iPhone Pro berkontribusi sekitar 60 persen terhadap nilai penjualan iPhone pada kuartal I-2024, menunjukkan bahwa konsumen lebih memilih model ponsel flagship dengan fitur premium seperti Dynamic Island, sasis titanium, dan kamera telefoto.

Selain iPhone, sejumlah model ponsel Samsung juga masuk dalam daftar itu, termasuk flagship perusahaan, Galaxy S24 Ultra hingga Galaxy S24.

Berikut rincian daftarnya.

Daftar smartphone terlaris di dunia kuartal I-2024

iPhone 15 Pro Max - 4,4 perse

iPhone 15 - 4,3 persen

Halaman:

Editor: Jamhari Ali Gani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah