Waspada! Inilah Kelemahan Layanan Internet Starlink yang Perlu Anda Ketahui

- 27 Mei 2024, 06:43 WIB
/

RUBLIK DEPOK - Starlink merupakan perusahaan penyedia layanan jaringan internet yang dimiliki oleh Elon Musk, dan kini telah resmi hadir di Indonesia. Kehadiran Starlink di Indonesia bahkan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu yang lalu.

Layanan internet Starlink diketahui memiliki sejumlah kelebihan, salah satunya adalah kemampuannya untuk menjangkau daerah terpencil. Hal ini dapat terjadi karena Starlink menggunakan teknologi satelit orbit rendah bumi, yang juga dikenal sebagai low earth orbit (LEO), untuk memancarkan sinyal internet.

Meskipun memiliki kelebihan, layanan Starlink juga ternyata memiliki sejumlah kelemahan. Menurut Tech Target, berikut adalah beberapa kondisi yang dapat menjadi kelemahan dari Starlink.

Pertama adalah cuaca mendung. Meskipun cuaca mendung atau berawan tidak akan mempengaruhi kinerja internet Starlink, namun terjadi awan badai dapat mempengaruhi sinyal karena dapat menimbulkan hujan yang mengganggu.

Kemudian, hujan juga dapat mempengaruhi kualitas sinyal Starlink. Hujan dengan intensitas deras dikaitkan dengan awan tebal dan lebat yang dapat menghalangi sinyal radio yang datang ke dan dari satelit Starlink.

Selain itu, angin kencang juga dapat mempengaruhi layanan Starlink. Namun, piringan atau antena Starlink yang terpasang dengan benar dilengkapi dengan antena array bertahap yang dapat melacak satelit tanpa perlu bergerak fisik, sehingga dapat mencegah gangguan sinyal.

Terakhir, kabut juga dapat mempengaruhi sinyal Starlink. Kabut normal tidak akan mengganggu sinyal, tetapi jika terjadi kabut tebal dengan kelembaban tinggi, sinyal dapat terganggu dan hilang.

Dengan demikian, meskipun Starlink memiliki kelebihan dalam menjangkau daerah terpencil, namun pengguna perlu memperhatikan kondisi cuaca tertentu yang dapat mempengaruhi kualitas layanan internet Starlink.

Editor: Iswahyudi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah