Kenapa Baterai i-Phone Cepat Habis? Ketahui Penyebab dan Solusinya!

- 10 Juni 2024, 09:32 WIB
Ilustrasi iPhone.
Ilustrasi iPhone. /Pixabay/tranmautritam/

RUBLIK DEPOK - Saat sedang menikmati liburan, seringkali kita menggunakan iPhone untuk update sana-sini. Namun, seringkali baterai tiba-tiba habis padahal baru saja diisi penuh. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Jangan panik terlebih dahulu, teman-teman! Ada beberapa kemungkinan penyebab baterai iPhone cepat habis, salah satunya adalah penggunaan aplikasi dan fitur yang memakan banyak daya. Selain itu, bisa jadi juga terjadi gangguan pada baterai itu sendiri.

  1. Email push
    Mengaktifkan layanan email push memang membantu dalam pekerjaan. Namun, jika tidak terlalu penting, sebaiknya atur notifikasi email menjadi tiap beberapa menit atau jam. Notifikasi email yang terus-menerus dapat menghabiskan daya baterai. Ubah pengaturan email push menjadi fetch dengan cara buka pengaturan > Mail > Account > Klik ‘Fetch New Data’ > Geser toggle ‘Push’ menjadi nonaktif > Atur waktu ‘Fetch’ sesuai kebutuhan.

  2. Layanan lokasi yang tidak perlu
    Beberapa aplikasi memerlukan layanan lokasi agar berfungsi dengan baik. Namun, ada beberapa aplikasi dan sistem operasi yang sebenarnya tidak membutuhkannya. Matikan layanan lokasi untuk aplikasi yang tidak membutuhkan info lokasi terus-menerus. Pergi ke pengaturan > Privacy > Location Services > Matikan untuk aplikasi yang tidak membutuhkan.

  3. Aplikasi yang tidak digunakan
    Menutup aplikasi yang tidak sedang digunakan dapat membantu menghemat baterai iPhone. Tekan dua kali tombol home atau geser dari bawah layar ke atas, lalu tutup aplikasi yang tidak digunakan.

  4. Notifikasi berlebihan
    Terlalu banyak notifikasi dari aplikasi juga dapat menyebabkan baterai cepat habis. Pilih notifikasi yang benar-benar penting dan matikan notifikasi pada aplikasi yang tidak diperlukan.

  5. Widget yang tidak digunakan
    Widget di layar iPhone dapat menghabiskan baterai meskipun tidak digunakan. Hapus widget yang tidak diperlukan dengan menekan widget dan memilih ‘Remove Widget’.

  6. Efek visual yang berlebihan
    Efek visual yang rumit dapat menyebabkan baterai cepat habis. Kurangi penggunaan wallpaper video atau efek visual yang berlebihan untuk menghemat daya baterai iPhone.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, diharapkan dapat membantu mengatasi masalah baterai iPhone yang cepat habis. Semoga bermanfaat!

Editor: Jamhari Ali Gani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah