Menghindari 7 Makanan dan Minuman Ini untuk Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh Tetap Kuat

- 11 Juni 2024, 18:21 WIB
/Pixabay/@Sponchia/

RUBLIK DEPOK - Ada beberapa makanan dan minuman yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini perlu dihindari agar daya tahan tubuh tetap kuat melawan penyakit.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa makanan dan minuman tinggi kalori, gula, lemak jenuh, dan mengandung garam berlebih dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat antara lain:

  1. Soda dan alkohol: Minuman seperti soda, jus, teh manis, minuman berenergi, dan alkohol dapat meningkatkan produksi hormon stres, mengganggu kadar gula darah, dan mempengaruhi fungsi insulin, yang akhirnya dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.
  2. Permen: Konsumsi permen dan jeli yang kaya akan gula dapat meningkatkan produksi radikal bebas dalam tubuh, yang berpotensi menyebabkan penyakit seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.
  3. Keripik kentang: Makanan yang digoreng seperti keripik kentang memiliki kandungan lemak yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kolesterol darah dan berdampak buruk pada sistem kekebalan tubuh.
  4. Daging merah: Daging merah tinggi lemak jenuh seperti sapi, babi, dan domba dapat meningkatkan kolesterol darah dan berdampak negatif pada kesehatan jantung serta sistem kekebalan tubuh.
  5. Roti putih: Makanan seperti roti tawar, cake, cookies, dan pastry yang terbuat dari tepung terigu tinggi kalori dan rendah nutrisi juga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.
  6. Es krim: Meskipun enak dan menyegarkan, es krim mengandung krim berlemak dan gula tinggi yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah secara tiba-tiba, sehingga dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh.
  7. Kopi: Meskipun mengandung antioksidan dan bersifat antiinflamasi, kopi yang tinggi kafein dan keasaman bisa menyebabkan gangguan pencernaan yang berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh.

Jika ingin menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat, sebaiknya hindari konsumsi makanan dan minuman yang disebutkan di atas. Selalu pilih makanan dan minuman sehat yang dapat memperkuat daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Editor: Iswahyudi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah