Mengenal Masjid Keramat Luar Batang, Makam Al Habib Husein Bin Abu Bakar Alaydrus, Penjaringan Jakarta Utara

- 28 Juli 2023, 08:28 WIB
Masjid Keramat Luar Batang
Masjid Keramat Luar Batang /Rublik Depok/Iswahyudi

RUBLIK DEPOK - Masjid Keramat Luar Batang salah satu cagar budaya religi Islami yang berada di daerah DKI Jakarta, tepatnya di daerah Penjaringan Jakarta Utara

Masjid Jami Keramat Luar Batang dibangun pada abad ke-18 oleh Al-Habib Husein bin Abubakar Alaydrus, yang kemudian menjadi pusat penyebaran agama Islam di wilayah pelabuhan Sunda Kelapa. Dalam beberapa catatan sejarah, pada tahun 1916 di atas pintu masjid bahwa bangunan selesai dibangun pada 20 Muharam 1152 H atau sama dengan tanggal 29 April 1739.

 

Gapura Pintu Masuk Masjid Luar Batang/ Iswahyudi
Gapura Pintu Masuk Masjid Luar Batang/ Iswahyudi

Habib Husein merupakan seorang Arab berdarah Sayyid yaitu keturunan Nabi Muhammad yang berasal usul dari Hadramaut Yaman yang hijrah ke tanah Jawa melalui Pelabuhan Sunda Kelapa pada 1736. 

Ketika datang di Batavia atau tepatnya di Pelabuhan Sunda Kelapa, Habib Husein diberi sebidang tanah oleh warga setempat. Tanah tersebut kemudian dibangun musala yang kemudian menjadi tempat tinggalnya. Lama kelamaan, langgar tersebut menjadi makam dari Habib Husein tersebut dibangun menjadi Masjid Luar Batang.

Pelataran Dalam Masjid Luar Batang/Rublik Depok/Iswahyudi
Pelataran Dalam Masjid Luar Batang/Rublik Depok/Iswahyudi

Dahulu bernama Masjid An Nur. Kini An Nur dipakai menjadi nama Taman Pendidikan AlQuran (TPA). Namun lebih populer dikenal dengan sebutan Masjid Keramat Luar Batang

 

Habib Husein sendiri dikenal sebagai salah satu tokoh agama di wilayah Sunda Kelapa yang menentang pemerintahan kolonial Belanda. Habib Husein wafat pada 24 Juni 1756 dalam usia yang relatif masih muda, yaitu kurang dari 40 tahun. Nama masjid ini diberikan sesuai dengan julukan Habib Husein, yaitu Habib Luar Batang.

Halaman:

Editor: Iswahyudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah