Mengenal Sejarah Radio Nasional Yang di Rayakan 11 September

- 11 September 2023, 17:33 WIB
Ilustrasi - Kumpulan 10 link twibbon Hari Radio Nasional 2023 terbaru desain keren, info diperingati kapan, tanggal berapa dan sejarah National Radio Day.
Ilustrasi - Kumpulan 10 link twibbon Hari Radio Nasional 2023 terbaru desain keren, info diperingati kapan, tanggal berapa dan sejarah National Radio Day. /PEXELS/MAKAAY 丶

RUBLIK DEPOK- Ada beberapa hari penting Nasional pada bulan September ini, salah satunya Hari Radio Nasional yang jatuh pada 11 September 2023. Lantas, bagaimana sejarah Hari Radio Nasional? Berikut ni ulasannya.

Diketahui, Hari Radio Nasional tahun ini diperingati bersamaan dengan HUT RRI (Radio Republik Indonesia) yang ke 78. Keduanya ini memang saling berkaitan. Nah untuk selengkapnya, mari simak berikut sejarah Hari Radio Nasional yang dilansir dari berbagai sumber.

Sejarah Hari Radio Nasional

Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik. Gelombang ini melintas, dan merambat lewat udara, dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut. 

Radio Republik Indonesia (RRI) secara resmi didirikan pada tanggal 11 September 1945 dengan memilih dr. Abdulrahman Saleh sebagai pemimpin umum RRI yang pertama. Siaran radio yang pertama di Indonesia (waktu itu bernama Nederlands Indie - Hindia Belanda) adalah Bataviase Radio Vereniging (BRV) di Batavia, yang resminya didirikan pada tanggal 16 Juni 1925.

Pada masa Awal Kemerdekaan RI, Bung Karno dan Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia tidak dapat disiarkan secara langsung melalui radio siaran dikarenakan radio siaran masih dikuasai oleh Jepang. Akan tetapi, berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dapat dikumandangkan di udara melalui radio siaran stasiun call “Radio Indonesia Merdeka”.

Sampai pada akhir tahun 1966, Radio Republik Indonesia (RRI) adalah satu-satunya radio siaran di Indonesia yang dikuasai dan dimiliki oleh pemerintah. Peran dan fungsi radio siaran ditingkatkan. Sebagai media massa, RRI mempunyai fungsi menghibur, mendidik dan penerangan.

1. Fungsi hiburan, artinya RRI memberikan hiburan bagi pendengar, sehingga pendengar merasa senang dan terhibur. 

2. Fungsi pendidikan artinya RRI merupakan sarana untuk menyiarkan acara pendidikan kepada pendengar yang jumlahnya begitu banyak. Fungsi pendidikan mengandung maksud bahwa siaran yang disajikan berusaha menambah pengetahuan masyarakat.

Halaman:

Editor: Jamhari Ali Gani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah