Mengenal Konsep Bestuurzorg dalam Negara Hukum Modern: Tanggung Jawab Pemerintah yang Luar Biasa

- 10 Mei 2024, 16:51 WIB
Salah satu tugas negara yang menjadi ciri khas dari Negara Hukum Modern adalah Bestuurzorg
Salah satu tugas negara yang menjadi ciri khas dari Negara Hukum Modern adalah Bestuurzorg /

RUBLIK DEPOK - Salah satu tugas negara yang menjadi ciri khas dari Negara Hukum Modern adalah Bestuurzorg. Bestuurzorg merupakan konsep yang berasal dari bahasa Belanda yang artinya adalah "pengelolaan yang baik" atau "tanggung jawab pemerintah".

Konsep ini menunjukkan bahwa negara memiliki tanggung jawab yang besar terhadap rakyatnya dan harus bertindak secara bertanggung jawab dalam mengurus kepentingan umum.

Negara Hukum Modern merupakan sebuah sistem pemerintahan yang didasarkan pada hukum dan aturan yang jelas serta mengedepankan prinsip-prinsip keadilan dan kebebasan.

Dalam sistem ini, negara diberikan wewenang yang luas untuk mengatur dan mengatur kepentingan masyarakat. Namun, wewenang tersebut juga diimbangi dengan tanggung jawab yang besar terhadap rakyatnya, salah satunya adalah Bestuurzorg.

Bestuurzorg memuat dua konsep penting, yaitu good governance (pemerintahan yang baik) dan public interest (kepentingan umum).

Pemerintahan yang baik adalah pemerintah yang mampu mengelola dan mengatur negara dengan efektif, efisien, dan transparan. Sedangkan kepentingan umum adalah kepentingan yang harus diperhatikan dan dilindungi oleh pemerintah demi kesejahteraan bersama.

Konsep Bestuurzorg ini memperlihatkan bahwa negara bukan hanya bertanggung jawab untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat, tetapi juga bertanggung jawab dalam menjaga dan melindungi kepentingan tersebut.

Negara harus memastikan bahwa kepentingan umum diutamakan dan dijalankan dengan baik untuk kepentingan bersama.

Dalam pelaksanaannya, negara harus mengambil sikap proaktif dan tidak boleh bersikap pasif untuk memenuhi tugas Bestuurzorg. Negara harus secara aktif mencari solusi dan memberikan perlindungan bagi masyarakat yang membutuhkan, seperti perlindungan terhadap hak asasi manusia, hak-hak konstitusional, dan hak-hak lainnya.

Halaman:

Editor: Iswahyudi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah