Menelusuri Kejahatan dan Perilaku Kriminal: Quetellet dan Pendekatan Kartografis yang Membuka Mata

- 10 Mei 2024, 17:07 WIB
 Quetellet dikenal sebagai pelopor pendekatan kartografis dalam mempelajari kejahatan dan perilaku kriminal
Quetellet dikenal sebagai pelopor pendekatan kartografis dalam mempelajari kejahatan dan perilaku kriminal /

 

RUBLIK DEPOK - Kriminologi adalah bidang studi yang mempelajari tentang kejahatan dan perilaku kriminal. Salah satu tokoh penting dalam teori kriminologi adalah Quetellet, seorang ahli statistik dan sosiolog asal Belgia yang hidup pada abad ke-19. Quetellet dikenal sebagai pelopor pendekatan kartografis dalam mempelajari kejahatan dan perilaku kriminal.

Pendekatan kartografis yang dikembangkan oleh Quetellet berfokus pada analisis statistik dan pemetaan geografis untuk memahami pola kejahatan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Quetellet percaya bahwa kejahatan tidak hanya dipengaruhi oleh faktor individu, tetapi juga oleh faktor lingkungan dan sosial.

Menurut Quetellet, pemahaman tentang kejahatan dan perilaku kriminal dapat diperoleh melalui analisis data statistik yang dikumpulkan dari berbagai sumber, seperti laporan polisi, data populasi, dan data sosial.

Data ini kemudian dapat diolah dan dipetakan untuk mengidentifikasi pola kejahatan di suatu wilayah.

Dengan menggunakan pendekatan kartografis, Quetellet berhasil menemukan hubungan antara tingkat kemiskinan dan tingkat kejahatan di kota Brussels, Belgia.

Ia juga menemukan bahwa kejahatan lebih sering terjadi di daerah perkotaan dan dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kepadatan penduduk, tingkat pendidikan, dan ketersediaan lapangan kerja.

Pendekatan kartografis Quetellet juga memberikan kontribusi besar dalam pengembangan teori sosial tentang kejahatan.

Halaman:

Editor: Iswahyudi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah