Penggagas Utama Psikologi Sosial: John Dewey, George Herbert Mead, dan Charles Horton Cooley

- 10 Mei 2024, 17:13 WIB
/Pexels.com /pixabay/

RUBLIK DEPOK - Psikologi sosial merupakan cabang ilmu psikologi yang mempelajari tentang bagaimana individu berinteraksi dengan lingkungannya.

Dalam membahas topik ini, tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat beberapa tokoh yang berperan sebagai pelopor pendekatan psikologi sosial.

Di antara tokoh-tokoh tersebut, terdapat tiga nama yang sering disebut sebagai penggagas utama dari pendekatan ini, yaitu John Dewey, George Herbert Mead, dan Charles Horton Cooley.

John Dewey

John Dewey adalah seorang filsuf dan psikolog Amerika yang memperkenalkan pendekatan psikologi sosial yang berfokus pada proses belajar melalui pengalaman.

Menurut Dewey, individu belajar dari pengalaman yang dihadapinya dalam interaksi sosial dengan lingkungan. Ia juga percaya bahwa proses belajar yang efektif terjadi ketika individu aktif terlibat dalam menciptakan pengalaman tersebut, bukan hanya sebagai objek yang menerima informasi.

Dalam perspektif Dewey, interaksi sosial merupakan proses yang kompleks dan tidak dapat dipisahkan dari konteks sosial yang melingkupinya.

Ia menekankan pentingnya pengalaman sosial dalam membentuk sikap, nilai, dan perilaku individu.

Menurutnya, pengalaman sosial yang dihadapi individu akan membentuk pola-pola perilaku yang terinternalisasi dan menjadi bagian dari kepribadian individu.

Halaman:

Editor: Iswahyudi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah