Jenis-Jenis Partisipasi Politik: Apa Saja Bentuknya dan Bagaimana Memengaruhi Sistem Politik?

- 10 Mei 2024, 17:35 WIB
/Pexels.com / Rosemary Ketchum/

RUBLIK DEPOK - Partisipasi politik merupakan suatu bentuk kegiatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok dalam proses politik.

Partisipasi politik dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung, dan memiliki berbagai bentuk yang berbeda.

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang jenis-jenis partisipasi politik yang meliputi partisipasi dimobilisasi, partisipan, aktivis, dan pengamat.

Partisipasi Dimobilisasi

Partisipasi dimobilisasi adalah bentuk partisipasi politik yang dilakukan oleh individu atau kelompok yang diorganisir oleh pihak tertentu, seperti partai politik atau organisasi masyarakat.

Dalam partisipasi dimobilisasi, individu atau kelompok akan diarahkan oleh pihak yang mengorganisir untuk melakukan tindakan politik tertentu, seperti memilih calon tertentu atau mengikuti aksi protes.

Partisipasi dimobilisasi seringkali terjadi dalam negara-negara yang memiliki sistem politik yang otoriter, di mana pihak-pihak yang berkuasa memanfaatkan kekuasaannya untuk memobilisasi massa demi kepentingan politik mereka.

Contohnya, dalam negara-negara komunis, partisipasi dimobilisasi dilakukan oleh partai komunis untuk memperkuat dukungan terhadap rezim komunis yang berkuasa.

Partisipan

Halaman:

Editor: Iswahyudi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah