Klasifikasi Ideologi Kepartaian Menurut Klaus von Beyme: Partai Liberal dan Radikal, Konservatif, dan Ekologi

- 10 Mei 2024, 17:44 WIB
ilustrasi ideologi partai
ilustrasi ideologi partai /Manaf Muhammad/Media Pakuan

RUBLIK DEPOK - Dalam dunia politik, partai politik memiliki peran yang sangat penting dalam mencerminkan ideologi yang diusung oleh masyarakat.

Hal ini dapat dilihat dari adanya berbagai macam partai politik yang terbentuk dengan ideologi yang berbeda-beda.

Salah satu ahli politik yang mempelajari tentang ideologi kepartaian adalah Klaus von Beyme. Dalam kajiannya, von Beyme mengelompokkan ideologi kepartaian menjadi tiga kategori, yaitu partai liberal dan radikal, partai konservatif, dan gerakan ekologi.

Partai Liberal dan Radikal

Partai liberal dan radikal merupakan partai politik yang memiliki fokus utama pada kebebasan individu dan persamaan hak di masyarakat.

Partai-partai ini berpandangan bahwa negara seharusnya tidak terlibat secara aktif dalam mengatur kehidupan masyarakat, namun hanya bertanggung jawab untuk menyediakan kebebasan dan hak yang sama bagi setiap warga negara.

Selain itu, partai liberal dan radikal juga mengutamakan nilai-nilai demokrasi dan mengedepankan kepentingan individu daripada negara.

Partai-partai liberal dan radikal umumnya memperjuangkan hak asasi manusia, kebebasan berekspresi, hak minoritas, dan kebebasan beragama. 

Partai Konservatif

Halaman:

Editor: Iswahyudi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah