Pentingnya Memperhatikan 5 Faktor Strategis Dalam Pengembangan Periklanan untuk Pemasaran Sosial yang Sukses

- 24 Mei 2024, 04:59 WIB
/Pexels.com /Christina Morillo/

RUBLIK DEPOK - Komunikasi pemasaran merupakan alat yang digunakan perusahaan untuk memberikan informasi, mempengaruhi, dan mengingatkan konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual.

Dalam kegiatan komunikasi pemasaran, termasuk dalam pemasaran sosial, pemasar dapat menggunakan berbagai metode komunikasi pemasaran.

Salah satu metode komunikasi pemasaran yang dapat digunakan adalah iklan masyarakat. Iklan masyarakat merupakan cara untuk melakukan promosi dengan menggunakan media massa, baik media elektronik maupun cetak. Namun, penggunaan iklan ini juga memerlukan biaya untuk perusahaan periklanan yang digunakan.

Selain itu, pemasar juga dapat menggunakan promosi penawaran produk sosial. Promosi penawaran ini memberikan insentif jangka pendek guna mendorong target sasaran agar tertarik dengan program sosial yang ditawarkan. Contohnya adalah memberikan sembako, kupon belanja, atau makanan sehat.

Salah satu saluran komunikasi pemasaran lainnya yang dapat digunakan adalah hubungan masyarakat (humas).

Humas adalah program yang dirancang untuk memperbaiki, mempertahankan, dan melindungi citra produk sosial atau organisasi. Tujuan utamanya adalah mengubah sikap target sasaran yang tadinya negatif menjadi positif terhadap program sosial yang ditawarkan.

Dalam mengembangkan strategi periklanan, pemasar perlu memperhatikan lima faktor penting yaitu misi, pesan yang ingin disampaikan, media yang akan digunakan, biaya yang diperlukan, dan pengukuran keberhasilan.

Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, pemasar dapat mengoptimalkan penggunaan iklan dan promosi dalam komunikasi pemasaran mereka.

Editor: Iswahyudi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah