Tragedi Banjir Bandang Sumbar: 50 Nyawa Melayang, 27 Orang Masih Hilang, 37 Terluka

- 14 Mei 2024, 16:57 WIB
KORBAN BANJIR LAHAR DINGIN
KORBAN BANJIR LAHAR DINGIN /

RUBLIK DEPOK - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP) melaporkan jumlah korban meninggal dunia akibat banjir lahar di Sumatera Barat telah mencapai 50 orang. Kepala BNBP Letnan Jenderal TNI Suharyanto menyampaikan, jumlah tersebut bertambah sebanyak 6 orang dari data pada Senin (13/5/2024), setelah tim pencarian berhasil menemukan sejumlah jenazah korban.

"Korban jiwa yang meninggal dunia akibat bencana tersebut tercatat mencapai 50 orang," ujar Suharyanto dalam keterangan resminya, Selasa (14/5/2024).

Selain itu, BNBP juga menginformasikan bahwa terdapat sebanyak 27 orang yang masih hilang dan 37 orang mengalami luka-luka, serta 3.396 jiwa yang mengungsi akibat bencana ini di 5 kabupaten/kota di Sumatera Barat.

"Dengan data yang terus berkembang, kami akan terus memantau dan melakukan upaya penanganan serta pemulihan terhadap korban bencana," tambah Suharyanto.

Banjir bandang dan tanah longsor yang melanda sejumlah wilayah di Sumatera Barat pada Sabtu (11/5/2024) dan Minggu (12/5/2024) ini dipicu oleh hujan lebat dan meluapnya sungai-sungai di daerah tersebut.

Joko Widodo (Jokowi) sendiri telah memantau langsung situasi di lokasi bencana dan berjanji akan segera melakukan kunjungan ke daerah yang terdampak untuk memberikan bantuan dan mendukung proses pemulihan pasca bencana.

Pemerintah juga telah mengirimkan tim SAR dan bantuan logistik serta obat-obatan untuk membantu korban yang terdampak bencana tersebut.

Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan mengikuti peringatan dan instruksi dari pihak berwenang serta tetap menjaga kebersihan dan kesehatan di tengah situasi bencana ini.

Editor: Iswahyudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah