Jalan Tol Kediri-Tulungagung: Penghubung Utama Trans Jawa dan Jalan Pantai Selatan Menuju Mobilitas yang Lebih

- 22 Mei 2024, 01:19 WIB
 Jalan Tol Kediri-Tulungagung
Jalan Tol Kediri-Tulungagung /

RUBLIK DEPOK - Pembangunan jalan tol di Pulau Jawa semakin intens dilakukan mengingat semakin tingginya mobilitas dan jumlah penduduk yang ada. Beberapa contoh jalan tol yang telah dibangun di Pulau Jawa antara lain Jalan Tol Cisumdawu, Tol Getaci, Tol Cipali, dan Tol Kediri - Tulungagung. Sampai saat ini, total panjang jalan tol yang telah dibangun oleh pemerintah Jokowi mencapai 1.900 km.

Saat ini, Pemerintah tengah membangun jalan tol Kediri - Tulungagung dengan total panjang 44,17 km. Proyek pembangunan jalan tol ini dilakukan oleh PT Gudang Garam Tbk melalui PT Surya Sapta Agung Tol.

Pemenang lelang proyek ini diumumkan pada tanggal 14 Desember 2023. Pembangunan jalan tol Kediri - Tulungagung merupakan salah satu proyek kerjasama antara pemerintah dan badan usaha.

Jalan tol ini direncanakan akan menghubungkan jalan tol Trans Jawa dengan Jalan Pantai Selatan. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono yakin bahwa jalan tol ini akan memberikan dampak besar terhadap perekonomian di sekitarnya. Dengan pembangunan jalan tol ini diharapkan dapat meningkatkan mobilitas masyarakat di wilayah Jawa Timur.

Pemerintah menganggarkan dana sebesar Rp 9,92 triliun untuk merealisasikan pembangunan jalan tol ini. Saat ini, proses pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol masih berlangsung. Rencananya, pembangunan jalan tol ini akan dimulai pada kuartal II tahun 2024 dan ditargetkan selesai pada kuartal III tahun 2025 mendatang.

Editor: Iswahyudi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah