Generasi Z Indonesia: Ancaman Serius Menghadapi Tingginya Angka Pengangguran

- 24 Mei 2024, 06:08 WIB
Ilustrasi Gen Z
Ilustrasi Gen Z /rumahstudio.com

RUBLIK DEPOK - Badan Pusat Statistik (BPS) telah mengeluarkan data yang menunjukkan bahwa hampir 10 juta penduduk Indonesia yang berusia 15-24 tahun atau Generasi Z berstatus menganggur atau tidak memiliki kegiatan (not in employment, education, and training/NEET).

Dari data tersebut, diketahui bahwa jumlah anak muda NEET terbanyak terdapat di daerah perkotaan, yaitu sebanyak 5,2 juta orang, sementara di pedesaan terdapat sebanyak 4,6 juta orang.

Menyikapi hal tersebut, Wakil Ketua Komisi IX DPR, Kurniasih Mufidayati, mengungkapkan bahwa meningkatnya jumlah pengangguran di kalangan Generasi Z merupakan ancaman serius bagi bonus demografi Indonesia menuju Indonesia Emas 2045.

Kurniasih menekankan bahwa bonus demografi harus diimbangi dengan tersedianya kesempatan kerja yang luas bagi generasi muda untuk mencegah terjadinya masalah di masa depan.

Ia juga menyoroti tingginya biaya pendidikan tinggi dan persyaratan pekerjaan yang mensyaratkan pengalaman serta batasan usia bagi para generasi muda. Kurniasih berpendapat bahwa generasi muda saat ini membutuhkan perlakuan khusus baik dalam bidang pendidikan maupun dunia kerja, serta pentingnya hadirnya lembaga pendidikan dengan keahlian yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja saat ini.

Selain itu, Kurniasih juga mengungkapkan bahwa tren angkatan kerja saat ini didominasi oleh pekerja informal, yang menandakan bahwa meskipun banyak pencari kerja, namun kesempatan kerja di sektor formal masih kurang memadai. Hal ini menunjukkan perlunya perlindungan yang lebih baik bagi pekerja di sektor informal.

Dengan demikian, permasalahan pengangguran di kalangan Generasi Z membutuhkan solusi yang komprehensif dan kolaboratif antara pemerintah, dunia pendidikan, dan sektor swasta untuk menciptakan kesempatan kerja yang lebih banyak dan berkelanjutan bagi generasi muda Indonesia.

Editor: Iswahyudi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah