Teknologi Canggih untuk Peningkatan Kesehatan dan Pendidikan di Indonesia: Starlink Resmi Beroperasi

- 27 Mei 2024, 06:55 WIB
/Kemenkes RI

RUBLIK DEPOK - Elon Musk, pendiri dan pemilik Tesla serta Starlink, tiba di Bali untuk menghadiri undangan dari World Water Forum ke-10 yang diselenggarakan di Bali pada Minggu, 19 Mei 2024.

Kedatangan Elon Musk juga untuk melakukan peresmian mulai beroperasinya layanan Starlink di Indonesia. Acara peresmian tersebut akan dilakukan di Puskesmas Pembantu Sumerta Kelod, Denpasar Timur, Kota Denpasar, dan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo beserta beberapa jajaran menteri.

Layanan internet melalui satelit seperti Starlink sangat bermanfaat bagi Indonesia, terutama daerah yang belum mendapatkan akses internet. Koneksi internet melalui satelit dapat melayani daerah 3T yang sulit dijangkau oleh media fiber optik atau radio.

Dengan layanan Starlink, dimanapun lokasi yang memerlukan koneksi internet, seperti di pegunungan, hutan, atau lautan, tetap dapat menikmati internet.

Fasilitas publik, terutama di sektor kesehatan dan pendidikan, akan sangat terbantu oleh layanan internet melalui satelit ini. Peluncuran layanan Starlink di Puskesmas di Kota Denpasar akan memberikan manfaat besar, terutama bagi puskesmas yang memiliki koneksi internet yang buruk atau bahkan belum terkoneksi.

Baca Juga: Waspada! Inilah Kelemahan Layanan Internet Starlink yang Perlu Anda Ketahui

Menurut menteri kesehatan, dari 10.000 puskesmas di Indonesia, 2.700 di antaranya memiliki kondisi koneksi internet yang buruk, dan 700 puskesmas belum memiliki koneksi internet. Sektor pendidikan juga akan merasakan manfaatnya, karena masih banyak sekolah di pedalaman yang belum tersentuh internet.

Layanan koneksi internet melalui satelit akan dapat meningkatkan perekonomian digital Indonesia.

Beberapa daerah yang sebelumnya hanya melakukan perdagangan tradisional dapat memanfaatkan perdagangan melalui internet. Hal ini juga dapat mengurangi kesenjangan informasi, karena informasi bisa diakses lebih cepat dan dari sumber yang terpercaya.

Halaman:

Editor: Iswahyudi


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah