UKT dan SPP Bukanlah Hal yang Sama! Simak Penjelasannya yang Jelas dan Mudah Dipahami!

- 28 Mei 2024, 08:48 WIB
UKT VS SPP
UKT VS SPP /Pixabay/Quince Creative

RUBLIK DEPOK - Selama masa pendidikan dasar dan menengah, mahasiswa tidak akan banyak berurusan dengan istilah-istilah terkait pembayaran seperti yang terjadi ketika memasuki perguruan tinggi. Pada tingkat perguruan tinggi, mahasiswa akan dikenalkan dengan berbagai istilah baru yang mungkin membingungkan bagi mereka yang baru masuk.

Namun, seiring berjalannya waktu dan terbiasa, memahami perbedaan istilah seperti Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP), uang pangkal, uang semester, dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) akan menjadi hal yang lebih mudah. Dalam artikel ini, kita akan fokus pada perbedaan antara uang SPP dan UKT.

Apa yang Dimaksud dengan Uang SPP? Sebelum memahami perbedaan antara uang SPP dan UKT, penting untuk mengetahui pengertian masing-masing istilah.

SPP atau Sumbangan Pengembangan Pendidikan adalah biaya yang harus dibayar oleh mahasiswa kepada perguruan tinggi atau universitas tempat mereka menempuh pendidikan. Biaya ini digunakan untuk pengembangan pendidikan dan fasilitas di kampus seperti gedung perkuliahan, laboratorium, perpustakaan, dan sebagainya.

SPP biasanya dibayarkan setiap semester atau tahun akademik, tergantung pada kebijakan kampus. Besar biaya SPP juga bervariasi tergantung pada jenis program studi, jenjang pendidikan, dan fasilitas yang disediakan oleh kampus.

SPP merupakan salah satu sumber pendapatan bagi kampus untuk membiayai operasionalnya, sehingga penting bagi mahasiswa untuk membayarnya tepat waktu agar dapat melanjutkan studi tanpa hambatan.

Selain itu, SPP juga dapat menjadi indikator kualitas perguruan tinggi atau universitas. Biasanya, kampus yang memiliki SPP tinggi juga memiliki fasilitas dan kualitas pendidikan yang lebih baik dibandingkan dengan kampus yang memiliki SPP rendah.

Dalam hal pembayaran SPP, kampus biasanya memberikan beberapa opsi pembayaran seperti pembayaran penuh atau cicilan. Mahasiswa juga dapat memperoleh diskon atau beasiswa jika memenuhi syarat yang ditetapkan oleh kampus.

Apa yang Dimaksud dengan UKT? Setelah memahami SPP, kita juga perlu memahami UKT dan melihat perbedaan antara uang SPP dan UKT.

UKT atau Uang Kuliah Tunggal adalah biaya kuliah yang harus dibayar oleh mahasiswa untuk menempuh studi di perguruan tinggi. Konsep UKT diterapkan oleh pemerintah Indonesia sejak tahun 2013 untuk menggantikan sistem biaya kuliah berdasarkan sks (sistem kredit semester) yang sebelumnya ada.

Halaman:

Editor: Jamhari Ali Gani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah