Bebas Murni Hari Ini, Habib Rizieq : 'Kami Akan Terus Berjihad Melawan Para Biang Kerok Negeri'

- 10 Juni 2024, 12:21 WIB

RUBLIK DEPOK - Habib Rizieq Shihab atau HRS mengunjungi Balai Pemasyarakatan (Bapas) Jakarta Pusat pada Senin (10/6/2024) untuk mengambil surat bebas murni. Kedatangan beliau kali ini tidak diiringi oleh banyak simpatisan. Berdasarkan pantauan, Habib Rizieq tiba di Bapas Jakarta Pusat pukul 10.26 WIB.

Hanya ada dua mobil yang membawa mantan Ketua Front Pembela Islam (FPI) tersebut ke Bapas Jakarta Pusat. Setibanya di sana, Habib Rizieq langsung masuk ke dalam gedung Bapas Jakpus tanpa banyak komentar kepada awak media.

Setelah dinyatakan bebas murni, Habib Rizieq menyatakan akan terus melanjutkan dakwahnya dan terus melawan para koruptor.

"Rencananya setelah ini kita akan terus berdakwah, kita akan terus melakukan hisbah, dan kita akan terus berjihad untuk melawan koruptor, serta melawan para biang kerok yang ada di negara Indonesia," kata Habib Rizieq di Bapas Jakarta Pusat, Senin (10/6/2024).

Ketika ditanya mengenai sikap politiknya dalam pilkada tahun ini, dia tidak memberikan jawaban yang pasti. Habib Rizieq hanya menjawab 'insyaallah' untuk menanggapi pertanyaan tersebut.

Sebelumnya, Habib Rizieq selesai mengambil surat Pengakhiran Pembimbingan Pembebasan Bersyarat di Bapas Jakarta Pusat. Dia menyatakan bahwa sekarang tidak ada lagi ikatan hukum yang mengikatnya.

"Dengan memperoleh kebebasan murni hari ini, saya merasa bersyukur. Mulai hari ini, saya sudah benar-benar bebas tanpa ada keterikatan hukum lagi yang berkaitan dengan bapas," ujar Habib Rizieq di Bapas Jakpus, Senin (10/6).

Kebebasan Habib Rizieq didasarkan pada Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor: PAS-1508.PK.05.09 Tahun 2022 tentang pembebasan bersyarat dan berita acara penyerahan narapidana pembebasan bersyarat ke Bapas Jakarta Pusat No. W10.PAS.PAS10.PK.05.09.3824 yang diterbitkan pada tanggal 20 Juli 2022.

Beliau sebelumnya telah dijatuhi hukuman penjara selama 4 tahun pada 12 Desember 2020 atas tiga kasus yang terjadi selama masa pandemi Covid-19, yaitu terkait kerumunan di Petamburan, kerumunan di Megamendung, dan kasus data swab di RS Ummi.

Habib Rizieq mendapatkan pembebasan bersyarat pada 20 Juli 2022 dan masa percobaan bebas bersyarat beliau akan berakhir pada 10 Juni 2024.

Editor: Iswahyudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah