Waktu Tempuh Cianjur-Bandung Mencapai 2 Jam, Namun Bisa Sampai 5 Jam saat Arus Mudik Lebaran 2024

- 4 April 2024, 00:22 WIB
/Dok. Polri/

RUBLIK DEPOK - Arus mudik Lebaran 2024 berpotensi mengalami kemacetan parah di Jalur Lintas Cianjur-Puncak seperti tahun sebelumnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dari Jakarta menuju Bandung atau Bandung menuju Sukabumi disarankan untuk memilih jalur alternatif.

Salah satu jalur alternatif yang dapat dipilih adalah melalui Cikalongkulon, Cikalongwetan, dan Palumbon Manis di Kabupaten Purwakarta, lalu keluar di Gerbang Tol Cikamuning. Waktu tempuh jalur ini sekitar 2,5 jam, dengan kondisi jalan yang cukup baik meskipun terdapat beberapa titik bergelombang dan berlubang.

Menurut Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur, Suferri, jalur alternatif melalui Purwakarta ini tergolong lancar. "Namun, pengendara perlu berhati-hati karena jalurnya cukup berkelok," ujarnya Rabu, 3 April 2024.

Selain jalur tersebut, ada pula jalur alternatif lainnya yang dapat dijadikan pilihan, yaitu melalui Ciwidey di Kabupaten Bandung, lalu keluar di Naringgul, Kabupaten Cianjur wilayah Selatan.

Jalur ini memang memiliki waktu tempuh yang lebih lama, yaitu sekitar 7-8 jam. Namun, jalur ini dapat menjadi alternatif bagi pemudik yang ingin sekaligus berwisata.

Editor: Iswahyudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x