Mengapa Kabupaten Bogor dan Kota Depok Bergabung dengan Provinsi Bogor Raya? Simak Penjelasannya

- 10 Mei 2024, 23:25 WIB
Tugu Kujang waktu sore.
Tugu Kujang waktu sore. /Instagram.com/@nandar_sapanusantara
 

RUBLIK DEPOK - Provinsi Bogor Raya tidak hanya sekedar wacana belaka, namun saat ini sedang dalam tahap persiapan dan akan segera menjadi kenyataan.

Kabarnya, Provinsi Jawa Barat akan dibagi menjadi dua provinsi baru, salah satunya adalah Provinsi Bogor Raya.

Provinsi Bogor Raya yang merupakan pecahan dari Provinsi Jawa Barat ini dijadwalkan akan terdiri dari 10 kabupaten/kota di dalamnya, menjadikannya sebagai provinsi baru di Indonesia.

Usulan untuk pembentukan Provinsi Bogor Raya sudah lama beredar, dimana beberapa kabupaten/kota di Jawa Barat akan dipisahkan dan bergabung ke dalam provinsi baru ini.

Dari 10 kabupaten/kota yang akan menjadi bagian dari Provinsi Bogor Raya, 5 di antaranya merupakan kabupaten/kota yang sudah ada, sedangkan 5 lainnya masih dalam tahap pemekaran. Kota Bogor beserta Kabupaten Bogor dijadwalkan akan melepaskan diri dari Jawa Barat dan bergabung ke Provinsi Bogor Raya. Hal yang sama juga akan dilakukan oleh Kabupaten dan Kota Sukabumi.

Kota Depok juga akan menjadi daerah terakhir yang akan memisahkan diri dari Jawa Barat dan bergabung ke Provinsi Bogor Raya. Selain itu, terdapat 5 kabupaten/kota baru yang masih dalam tahap pemekaran dan nantinya akan menjadi bagian dari wilayah Provinsi Bogor Raya, antara lain Kabupaten Bogor Barat, Kabupaten Bogor Timur, dan Kabupaten Bogor Selatan.

Kabupaten Sukabumi Utara dan Kabupaten Jampang juga direncanakan untuk dimekarkan dan masuk ke dalam Provinsi Bogor Raya.

Dengan demikian, jika rencana ini terwujud, Provinsi Bogor Raya akan memiliki 10 kabupaten/kota yang berdiri sendiri, terpisah dari Provinsi Jawa Barat.

Editor: Iswahyudi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah