Tragedi di Tanah Suci: Jemaah Haji Garut di Madinah Meninggal karena Dehidrasi dan Kelelahan

- 15 Mei 2024, 11:34 WIB
Ilustrasi jamaah haji Indonesia wafat
Ilustrasi jamaah haji Indonesia wafat /Tangkap layar/Instagram @jejakrekamonline

RUBLIK DEPOK- Jemaah haji Indonesia asal Kabupaten Garut, Upan Supian Anas (71), telah meninggal dunia di Madinah pada tanggal 13 Mei 2024 pukul 17.27 waktu Arab Saudi (WAS). Almarhum meninggal akibat dehidrasi dan kelelahan selama menjalankan ibadah haji. Beliau termasuk dalam kelompok terbang (kloter) dua Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS-02).

Sebelumnya, beredar kabar bahwa Upan Supian meninggal karena serangan jantung. Namun, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Garut membantah kabar tersebut dan menyatakan bahwa almarhum tidak memiliki riwayat penyakit jantung.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Garut, Indra Azwar Mawardi, menjelaskan bahwa almarhum pingsan saat melaksanakan salat Asar di Masjid Nabawi. Tim medis segera menanganinya dan membawa almarhum ke klinik terdekat, namun nyawa beliau tidak dapat diselamatkan.

"Dikarenakan faktor suhu antara 43-50 derajat celcius sehingga beliau mengalami dehidrasi dan kelelahan yang membuatnya pingsan," ujar Indra.

Kementerian Agama Kabupaten Garut menegaskan bahwa Upan Supian tidak memiliki riwayat penyakit jantung sebelum meninggal dunia. 

Kepala Seksi Indra Azwar Mawardi juga menyampaikan rasa duka yang mendalam atas kepergian Upan Supian. Beliau menjelaskan bahwa seluruh jemaah haji dari Kabupaten Garut telah menjalankan ibadah haji dengan baik dan tertib. Namun, kematian Upan Supian menjadi pengingat bagi seluruh jemaah haji untuk tetap menjaga kesehatan dan berhati-hati selama menjalankan ibadah haji.

Editor: Jamhari Ali Gani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah