Kota Bandung: 'Jumat Bebas Kendaraan Bermotor' Mulai Diterapkan pada 17 Mei

- 16 Mei 2024, 13:33 WIB
Ilustrasi jalanan di Kota Bandung.
Ilustrasi jalanan di Kota Bandung. /MapayBandung.com/Instagram @bagusrachmadi

RUBLIK DEPOK - Pemerintah Kota Bandung mulai menerapkan program hari bebas kendaraan bermotor setiap Jumat, dimulai pada tanggal 17 Mei 2024. Aturan ini berlaku untuk seluruh pimpinan dan pegawai yang bekerja di Balai Kota Bandung.

Kepala Bagian Umum Setda Kota Bandung, Syukur Sabar, menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk mendorong pegawai menggunakan angkutan umum dan mengurangi polusi kendaraan.

"Setiap hari Jumat, tidak ada kendaraan bermotor yang boleh parkir di area Balai Kota Bandung, baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat," ujar Syukur di Bandung, Rabu (15/5/2024).

Saat ini, terdapat sekitar 1.200 pegawai yang bekerja di Balai Kota Bandung, dengan 300 kendaraan roda empat dan 900 kendaraan roda dua.

Syukur menambahkan bahwa semua kendaraan tidak diperbolehkan memasuki area Balai Kota Bandung, kecuali untuk masyarakat yang akan berobat ke puskesmas dan kendaraan ambulans.

Sementara itu, tamu yang akan datang dapat diturunkan di Taman Dewi Sartika dan melanjutkan dengan menggunakan angkutan umum.

Program Jumat bebas kendaraan ini merupakan langkah konkret dari Pemerintah Kota Bandung guna menanggulangi masalah polusi udara di kota. Dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, diharapkan dapat menurunkan tingkat polusi dan memberikan ruang bagi kendaraan umum yang lebih ramah lingkungan.

"Nanti para pegawai memakai angkutan umum. Ada yang pakai sepeda atau jalan kaki ke kantor. Pegawai dapat menggunakan transportasi yang disediakan," kata dia.

Selain itu, program ini juga diharapkan dapat mengubah kebiasaan masyarakat dalam menggunakan kendaraan pribadi, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Editor: Jamhari Ali Gani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah