Nikmati Kelezatan Tahu Sumedang, Kuliner Khas Sumedang yang Unik dan Menggugah Selera

- 22 Mei 2024, 18:21 WIB
/

RUBLIK DEPOK - Rublikans, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang keunikan Tahu Sumedang, makanan khas Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Tahu Sumedang terkenal dengan kelezatannya yang tidak dimiliki oleh tahu pada umumnya. Teksturnya lebih kering dan renyah di bagian luar, dengan rasa gurih yang sangat khas.

Sejarah Tahu Sumedang dimulai dari usaha pembuatan tahu oleh Ong Kino pada tahun 1917. Usaha ini kemudian dilanjutkan oleh generasi penerus keluarga Ong, dan sekarang Tahu Sumedang menjadi salah satu kuliner yang menjadi kebanggaan masyarakat Sumedang.

Ciri khas Tahu Sumedang antara lain tekstur yang renyah di luar namun lembut di dalam, rasa gurih yang sedikit manis, warna coklat keemasan, bentuk kotak kecil, serta cara penyajian biasanya digoreng dan disantap hangat dengan cabai rawit atau saus sambal.

Ada beberapa keunikan dalam pembuatan Tahu Sumedang, seperti penggunaan air kapur sirih sebagai bahan pengenyal, proses penggorengan dua kali untuk memastikan teksturnya renyah, serta dikenal dengan sebutan "tahu goreng" di beberapa daerah.

Tahu Sumedang sudah menjadi oleh-oleh khas Sumedang yang digemari oleh banyak orang. Di Sumedang, terdapat banyak penjual Tahu Sumedang mulai dari toko tradisional hingga warung kaki lima. Selain itu, Tahu Sumedang juga mudah ditemui di berbagai kota di Jawa Barat dan beberapa daerah lain di Indonesia.

Agar bisa menikmati Tahu Sumedang dengan sempurna, ada beberapa tips yang bisa diikuti, seperti menggoreng sebentar sebelum disantap untuk mendapatkan tekstur yang renyah, mencocol dengan cabai rawit atau saus sambal untuk menambah rasa pedas dan gurih, serta menyantapnya bersama nasi hangat dan lalapan sebagai hidangan utama atau hidangan penutup.

Tahu Sumedang adalah kuliner khas Sumedang yang wajib dicoba bagi pecinta kuliner. Dengan cita rasa gurih dan renyah yang khas, Tahu Sumedang mampu memikat lidah para penikmatnya.

Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa untuk mencicipi Tahu Sumedang ketika berkunjung ke Sumedang atau tempat lain yang menyediakan hidangan lezat ini. Selamat menikmati!

Editor: Iswahyudi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah