Melihat Kehidupan Liar Macan Tutul dan Macan Kumbang di Gunung Gede Pangrango Melalui Kamera Pemantau

- 27 Mei 2024, 06:58 WIB
Seekor macan tutul dan seekor macan kumbang terlihat berjalan bersama di Gunung Gede Pangrango
Seekor macan tutul dan seekor macan kumbang terlihat berjalan bersama di Gunung Gede Pangrango /

RUBLIK DEPOK - Seekor macan tutul dan seekor macan kumbang terlihat berjalan bersama di Gunung Gede Pangrango, seperti yang tertangkap oleh kamera. Kedua hewan buas itu diketahui berada jauh dari jalur pendakian yang biasa dilalui oleh para pendaki.

Meski begitu, para pendaki diharapkan untuk tidak membuang sisa makanan mereka agar macan-macan tersebut tetap menjaga jarak dan tidak mendekati jalur pendakian.

Melalui video yang diunggah ke akun resmi Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, terlihat macan tutul sedang berjalan di tengah hutan, diikuti oleh macan kumbang di belakangnya yang mendekati lokasi kamera.

"Beberapa hari yang lalu, kami melihat dua ekor macan tutul tertangkap oleh kamera. Yang berwarna hitam sebenarnya juga merupakan macan tutul, tetapi pigmen kulitnya membuatnya terlihat berwarna hitam, atau biasa disebut sebagai macan kumbang oleh masyarakat," ujar Kepala Balai Besar TNGGP, Sapto Aji, pada Minggu (26/5/2024).

Meskipun demikian, Sapto mengakui bahwa belum jelas apakah kedua macan tutul tersebut merupakan pasangan jantan dan betina, atau bahkan induk dan anak.

"Tidak dapat dipastikan apakah keduanya adalah pasangan atau hanya satu remaja dan satu induk. Hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut," tambahnya.

Diketahui bahwa saat ini terdapat 24 ekor macan tutul yang tinggal di kawasan Gunung Gede Pangrango.

"Kami akan melakukan survei untuk menghitung jumlah macan tutul di Pulau Jawa tahun ini. Namun, berdasarkan data yang kami miliki, ada sekitar 24 ekor macan tutul, termasuk yang dikenal sebagai macan kumbang," jelas Sapto.

Perkembangbiakan macan tutul di Gunung Gede Pangrango terjadi secara alami, namun habitatnya tetap dijaga dan diamankan oleh petugas.

Halaman:

Editor: Iswahyudi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah