28 Desa dan 6 Kecamatan Tergusur, Rencana Pembangunan Jalan Tol di Kabupaten Bandung Mendapat Sorotan

- 28 Mei 2024, 01:30 WIB
Tol Getaci
Tol Getaci /

RUBLIK DEPOK - Kabupaten Bandung - Sebuah mega proyek jalan tol yang berada di kawasan Getaci, Kabupaten Bandung, dikabarkan akan mengakibatkan 28 desa dan 6 kecamatan tergusur. Hal ini menyusul rencana pembangunan jalan tol yang direncanakan akan melalui kawasan tersebut.

Proyek jalan tol yang bernama Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Ciamis ini sendiri memiliki panjang 108,30 kilometer. Namun, dalam perjalannya, jadwal lelang pembangunan jalan tol ini selalu mengalami perubahan yang membuat banyak pihak kecewa.

Penjelasan mengenai dokumen prakualifikasi untuk proyek ini dijadwalkan akan dilaksanakan pada hari Kamis (14/3/2024) pukul 10.00 WIB. Namun, rincian tentang hal ini akan ditentukan dalam dokumen prakualifikasi tersebut.

Dari laman resmi proyek ini, diketahui bahwa nilai investasi untuk ruas Gedebage-Kabupaten Ciamis diperkirakan mencapai Rp 31,04 triliun. Proyek ini juga mendapat dukungan konstruksi dari pemerintah untuk ruas Kabupaten Bandung Nagreg-Kabupaten Garut Garut Utara-Garut Selatan.

Namun, banyak yang merasa kecewa dengan adanya rencana pembangunan jalan tol ini. Pasalnya, banyak masyarakat yang akan terdampak dengan tergusurnya lahan mereka. Selain itu, proyek ini juga dinilai akan membawa dampak negatif bagi lingkungan sekitar.

Editor: Iswahyudi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub