Masyarakat Adat Punan Batu Benau Lawan Ancaman Perusahaan Sawit di Hutan Benau Sajau

- 11 Juni 2024, 19:31 WIB
Suku Punan Batu menggali tanah untuk mengambil umbi saat berburu.
Suku Punan Batu menggali tanah untuk mengambil umbi saat berburu. /(ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

RUBLIK DEPOK - Makruf dan Syamsul, sebagai perwakilan Masyarakat Hukum Adat (MHA) Punan Batu Benau, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, telah beberapa kali meminta bantuan dalam sebuah diskusi di Jakarta Selatan pada Kamis (6/6).

Mereka mengungkapkan bahwa ruang hidup mereka sedang terancam. Banyak hutan yang telah dibabat oleh perusahaan sawit, air sungai tidak lagi dapat diminum, dan makanan sehari-hari juga semakin langka.

"Maka dari itu kami sampai ke Jakarta. Jika tidak penting, kami tidak akan datang ke sini. Kami ingin menyelamatkan hutan kami, hutan Benau Sajau," kata Makruf.

Diskusi tersebut turut dihadiri oleh Direktur Kemitraan Lingkungan Jo Kumala Dewi dan Bupati Bulungan Syarwani. Bagi Makruf dan Syamsul, setiap kesempatan adalah momen untuk memperjuangkan ruang hidup yang layak.

Masyarakat adat Punan Batu Benau merupakan masyarakat pemburu dan peramu satu-satunya di Kalimantan. Hutan sangat penting bagi keberlangsungan hidup mereka.

Makruf menuturkan bahwa hutan Benau Sajau mengalami perubahan drastis dari masa lalu hingga sekarang. Perubahan yang cepat itu disebabkan oleh kehadiran perkebunan sawit di daerah tersebut.

"Dulu cuaca tenang, bagus. Mencari ubi tidak sulit. Mencari segala kebutuhan itu mudah. Sekarang berburu saja sulit. Sungai tidak bisa diminum. Mengapa? Karena keruh," keluh Makruf.

Ketika masih kecil, Makruf merasakan betul betapa jangkauan mereka dalam berburu dan mencari makan sangat luas. Namun saat ini, ruang gerak mereka semakin sempit.

"Hutan sudah sempit, tinggal sedikit. Perjalanan sehari sudah habis. Dulu masih luas, bisa pergi ke mana saja dengan bebas. Mencari ubi banyak, madu banyak. Sekarang semuanya sedikit," ujar Makruf.

Halaman:

Editor: Iswahyudi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah