Info Terkini Bantuan PKH dan BPNT: Pencairan untuk Mei-Juni 2024 Telah Dimulai!

- 24 Mei 2024, 06:15 WIB
ILUSTRASI: Penerima PKH 2024 ada tambahan saldo DANA Rp700.000 per orang dari program pemerintah.
ILUSTRASI: Penerima PKH 2024 ada tambahan saldo DANA Rp700.000 per orang dari program pemerintah. /Tangkap Layar Instagran.com/ @kemensosri

RUBLIK DEPOK - Informasi terbaru mengenai hasil cek saldo bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) untuk periode Mei-Juni tahun 2024.

Pagi ini, pada tanggal 24 Mei 2024, pencairan bantuan PKH untuk alokasi Mei-Juni sudah dimulai. Bank BSI menjadi yang pertama mencairkan bantuan ini, diikuti oleh bank lain seperti BRI, BNI, dan Mandiri yang diperkirakan akan segera menyusul.

Besaran bantuan PKH 2024 telah diumumkan melalui situs resmi Kementerian Sosial. Besaran bantuan tunai untuk penerima PKH antara lain adalah:

  • Bantuan Reguler sebesar Rp 550.000 per keluarga per tahun.
  • Bantuan PKH Akses sebesar Rp 1.000.000 per keluarga per tahun.

Selain itu, terdapat bantuan komponen untuk setiap individu dalam keluarga PKH, seperti bantuan untuk Ibu Hamil, Anak Usia Dini, tingkat SD, SMP, SMA, Disabilitas Berat, dan Lanjut Usia dengan nominal berbeda sesuai dengan kategori masing-masing.

Proses pencairan bantuan di Bank BSI sudah dimulai, terutama di Provinsi Aceh. Penerima manfaat yang KKS-nya diterbitkan oleh Bank BRI, BNI, dan Mandiri juga diinformasikan bahwa proses pencairan bantuan akan segera dilakukan dalam beberapa hari ke depan.

Para penerima manfaat PKH dan BPNT disarankan untuk memanfaatkan layanan internet banking atau mobile banking untuk cek saldo dengan mudah tanpa harus pergi ke ATM atau agen bank terdekat.

Aplikasi seperti BRI Mobile, Mandiri Online, atau BNI Mobile dapat digunakan untuk memantau saldo bantuan dengan praktis.

Meskipun pencairan bantuan PKH di bank selain BSI masih minim pada tanggal 22 Mei 2024, informasi dari supervisor di Dinas Sosial Kabupaten/Kota bahwa SP2D sudah SI menandakan bahwa pencairan bantuan di Bank BRI, BNI, dan Mandiri akan segera dilakukan.

Untuk bantuan BPNT, proses pencairan masih dalam tahap yang belum jelas, namun diharapkan akan segera dimulai dalam waktu dekat. Tetap sabar menunggu informasi terkait pencairan bantuan BPNT.

Editor: Iswahyudi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah