Persiapan Terbaik untuk Tes Wawancara PPS Pilkada 2024: Ini Jawaban Wawancara, Siapkan Diri Anda dengan Baik

- 22 Mei 2024, 18:38 WIB
Ilustrasi wawancara kerja. Contoh Soal Tes Wawancara PPPK 2024 Lengkap dengan Jawabannya
Ilustrasi wawancara kerja. Contoh Soal Tes Wawancara PPPK 2024 Lengkap dengan Jawabannya /Freepik/yanalya/

RUBLIK DEPOK - Tes wawancara PPS Pilkada 2024 telah dimulai pada tanggal 21 hingga 23 Mei 2024. Tujuan dari tes wawancara ini adalah untuk melakukan seleksi anggota PPS yang memiliki integritas dan keterbukaan yang diperlukan untuk menjadi penyelenggara Pemilu yang berkualitas. Peserta diharapkan telah mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti tes wawancara PPS Pilkada 2024.

Tes wawancara PPS Pilkada 2024 akan membahas berbagai hal, mulai dari pengetahuan umum tentang Pilkada hingga komitmen dan pengalaman calon anggota. Sebagai contoh, berikut adalah beberapa contoh soal tes wawancara PPS Pilkada 2024:

  1. Apa yang menjadi motivasi Anda untuk menjadi Anggota PPS Pilkada 2024? Jawaban: Motivasi saya adalah untuk berpartisipasi dalam menjalankan dan membantu menyukseskan pemilihan umum di desa saya. Saya juga ingin memastikan bahwa pemilihan umum berlangsung sesuai dengan prinsip luberjurdil.
  2. Apa yang akan Anda lakukan jika terpilih sebagai anggota atau ketua PPS Pemilu 2024? Jawaban: Saya akan bertanggung jawab dalam melaksanakan proses pemungutan suara serta memastikan bahwa pemilihan umum berjalan sesuai dengan prinsip luberjurdil.
  3. Bagaimana sikap Anda dalam menghadapi dua pilihan yang sama penting antara tugas PPS dan tugas domestik lain? Jawaban: Saya akan lebih mengutamakan tugas sebagai anggota PPS karena saya menyadari pentingnya kewajiban dalam melaksanakan tugas untuk kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024.
  4. Ceritakan tentang diri Anda secara singkat. Jawaban: Nama saya [nama kamu], biasa dipanggil [nama panggilanmu]. Saya lulusan dari [latar belakang pendidikanmu] dan saat ini bekerja sebagai [profesimu]. Meskipun profesi saya mungkin berbeda dengan keanggotaan PPS, saya memiliki ketertarikan yang besar terhadap kepemiluan dan ingin terlibat dalam proses pemungutan suara.
  5. Apa saja prinsip penyelenggaraan Pilkada 2024 yang Anda ketahui? Jawaban: Prinsip penyelenggaraan Pilkada 2024 termuat dalam undang-undang pemilu, yakni Pasal 3 UU No. 7 Tahun 2017. Terdapat 11 prinsip yang harus dipenuhi, seperti mandiri, jujur, adil, dan lain sebagainya.
  6. Berapa kali Pilkada serentak dilaksanakan di Indonesia? Jawaban: Pilkada serentak di Indonesia telah dilaksanakan 5 kali, yaitu pada tahun 2015, 2017, 2018, 2020, dan 2024.
  7. Apakah Anda mengetahui jumlah desa di wilayah kecamatan Anda? Jawaban: Ya, saya mengetahui bahwa terdapat xx desa di wilayah kecamatan saya, termasuk di antaranya adalah [sebutkan nama desa]. Saya tinggal di desa [sebutkan nama desa tempat tinggalmu].
  8. Bisa jelaskan secara rinci jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di desa tempat Anda tinggal? Jawaban: (Jawab sesuai dengan desa domisilimu).
  9. Berapa lama masa kerja Anggota PPS di Pilkada 2024? Jawaban: Masa kerja Anggota PPS Pilkada 2024 adalah selama 8 bulan, dimulai dari 26 Mei 2024 hingga 27 Januari 2025.
  10. Bagaimana cara melakukan perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT)? Jawaban: Perbaikan DPT dilakukan dengan mencoret pemilih yang tidak memenuhi syarat, menambah pemilih baru, dan memperbaiki atau melengkapi data dalam DPT.
  11. Apakah PPS mengumumkan salinan sertifikat hasil perhitungan suara? Jawaban: Ya, PPS wajib mengumumkan salinan sertifikat hasil perhitungan suara sesuai dengan ketentuan UU No. 7 Tahun 2017.
  12. Apa yang dimaksud dengan Model C6-KPU? Jawaban: Model C6-KPU adalah surat pemberitahuan pemungutan suara untuk para pemilih.
  13. Apa saja tugas dan wewenang dari Anggota PPS? Jawaban: Tugas Anggota PPS antara lain adalah menetapkan hasil perbaikan DPT, melakukan rekapitulasi pengembalian surat pemberitahuan pemungutan suara, dan menyampaikan laporan ke KPU Kabupaten/Kota melalui PPK terkait.
  14. Jelaskan konsep Kolektif Kolegial. Jawaban: Kolektif kolegial adalah sistem kepemimpinan yang melibatkan semua pihak yang terlibat dalam pengambilan keputusan melalui musyawarah atau pemungutan suara, dengan semangat kebersamaan sebagai prinsip utamanya.
  15. Kontribusi saya untuk posisi ini akan meliputi dedikasi penuh dan loyalitas dalam menjalankan tugas. Saya juga akan memastikan bahwa pemilihan umum berlangsung dengan lancar dan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi.
  16. Pada masa kampanye pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah, berbagai kegiatan dilakukan untuk meyakinkan para pemilih dengan visi, misi, dan program dari pasangan calon. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan memastikan proses pemilihan berjalan dengan baik.
  17. Asas-asas Pemilu yang harus dijunjung tinggi adalah asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (Luberjurdil). Asas-asas ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 2 untuk memastikan bahwa setiap pemilihan berlangsung secara transparan dan berintegritas.
  18. Alasan untuk memilih saya adalah karena saya merasa cocok dengan posisi ini dan siap untuk menjalankan tugas saya sebagai anggota PPS dengan penuh tanggung jawab. Saya akan melakukan tugas saya dengan tegas, sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan berkomitmen untuk menyelenggarakan Pemilu dengan sebaik mungkin.
  19. Dasar hukum pelaksanaan Pemilu tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 22 E ayat 1-6 dan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Undang-undang ini menjadi pedoman bagi penyelenggara Pemilu untuk memastikan bahwa pemilihan berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi.
  20. PPS (Panitia Pemungutan Suara) merupakan panitia yang dibentuk oleh KPU/KIP Kabupaten/Kota untuk menyelenggarakan Pemilu di tingkat kelurahan/desa. Sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2022 Pasal 14 ayat 2, PPS memiliki kedudukan di tingkat kelurahan/desa atau wilayah sejenisnya, dan bertanggung jawab dalam mengorganisir pemungutan suara pada hari pemungutan suara.

 

Dengan memahami dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, diharapkan calon Anggota PPS Pilkada 2024 dapat mempersiapkan diri dengan baik dan menjadi penyelenggara Pemilu yang berkualitas.

 

Editor: Iswahyudi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah