Panduan Lengkap: Cara Menghitung Skor UTBK SNBT 2024 untuk Pendaftaran Jalur Mandiri

- 14 Juni 2024, 14:15 WIB
Ilustrasi mahasiswa
Ilustrasi mahasiswa /ipb.ac.id

RUBLIK DEPOK - Peserta Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes atau UTBK SNBT 2024 sekarang dapat melihat skor nilai dan mencetak sertifikat SNBT mulai tanggal 13 Juni 2024.

Skor UTBK SNBT 2024 dapat diakses oleh semua peserta, baik yang lolos maupun gagal dalam UTBK SNBT 2024. Bagi peserta yang berhasil lolos, sertifikat SNBT harus dilampirkan saat mendaftar ulang ke perguruan tinggi yang dituju.

Sementara bagi peserta yang tidak lolos, sertifikat SNBT dapat digunakan untuk mendaftar melalui jalur mandiri di perguruan tinggi negeri (PTN) yang membuka jalur mandiri dengan mempertimbangkan nilai UTBK.

Untuk menghitung skor UTBK dalam mendaftar jalur mandiri, peserta harus mengikuti sistem UTBK SNBT 2024 yang terdiri dari tiga materi dan tujuh subtes, yaitu:

1. Tes Potensi Skolastik (TPS)

Kemampuan Penalaran Umum (penalaran induktif, deduktif, dan kuantitatif dengan masing-masing penalaran adalah 10 soal). Kemampuan Kuantitatif (15 soal). Pengetahuan dan Pemahaman Umum (20 soal). Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis (20 soal).

2. Tes Literasi

Bahasa Indonesia (30 soal). Literasi Bahasa Inggris (20 soal).

3. Tes Penalaran Matematika

Tes Penalaran Matematika (20 soal).

Halaman:

Editor: Iswahyudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub