Koalisi Tanpa PKS di Pilkada Depok, Apa Pendapat Walkot Idris?'

- 15 Mei 2024, 09:24 WIB
Wali Kota Depok Mohammad Idris/ist
Wali Kota Depok Mohammad Idris/ist /Eko Budi Ahdayanto/ARAHKATA

RUBLIK DEPOK - Enam partai politik di Depok telah sepakat untuk membentuk 'Koalisi Sama-sama' dalam menyambut pelaksanaan Pilkada Depok tanpa melibatkan PKS, yang telah menjadi partai penguasa di Kota Depok selama dua dekade terakhir.

Ketua Dewan Pakar PKS Kota Depok dan sekaligus Wali Kota Depok, M Idris, menyatakan bahwa pembentukan koalisi tersebut merupakan hal yang biasa dalam dinamika politik.

"Memang sah-sah saja, siapapun dapat melakukan koalisi dengan siapa pun. Terkadang, dalam konteks pilkada atau perhelatan politik di tingkat nasional, terjadi kontestasi antarpartai politik," ujar Idris kepada wartawan di Tapos, Depok, pada Selasa (14/5/2024).

Idris memberikan contoh kebijakan politik PKS yang pernah berkoalisi dengan Gerindra di beberapa daerah. Namun, pada akhirnya, Gerindra justru tidak lagi berada dalam satu kubu dengan PKS. Baginya, hal tersebut merupakan hal yang biasa dan tidak perlu dipermasalahkan.

"Contohnya, ketika saya dan Pak Pradi Gerindra, kebijakan politik nasional PKS di beberapa daerah berkoalisi dengan Gerindra seperti itu. Namun, pada akhirnya, Gerindra juga berpisah dengan kubu yang lain. Menurut saya, hal ini merupakan sesuatu yang wajar dan tidak perlu dipermasalahkan," ujarnya.

Sebelumnya, enam partai politik di Depok telah sepakat membentuk 'Koalisi Sama-sama' untuk menyambut Pilkada Depok tanpa melibatkan PKS. Koalisi ini terdiri dari PDIP, Gerindra, PPP, PKB, Demokrat, dan PAN.

Ketua DPC PDIP Kota Depok, Hendrik Tangke Allo (HTA), menyatakan bahwa 'Koalisi Sama-sama' tersebut digagas oleh PDIP dan diikutsertakan oleh partai lainnya dengan tujuan memenangkan pasangan calon yang diusung, bukan untuk mengalahkan PKS yang telah lama berkuasa di Depok.

"Kita bergabung dalam Koalisi Sama-sama dengan beberapa partai politik lainnya bukan untuk melawan PKS, melainkan untuk memenangkan pasangan calon yang kita dukung," ungkap Hendrik.

Menurut Hendrik, perubahan yang signifikan diperlukan di Kota Depok. Tujuan dari koalisi ini bukan hanya untuk mengalahkan PKS, tetapi juga untuk membawa perubahan yang lebih baik bagi masyarakat Depok.

Halaman:

Editor: Iswahyudi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah