Toko Bahan Bangunan di Jalan Cimandiri Raya, Depok Terbakar Akibat Korsleting Listrik

- 15 Mei 2024, 15:17 WIB
ILUSTRASI KEBAKARAN TOKO
ILUSTRASI KEBAKARAN TOKO /Karawangpost/

RUBLIK DEPOK - Toko bahan bangunan Ratna yang terletak di Jalan Cimandiri Raya RT 06 RW 20, Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, mengalami kebakaran yang menghancurkan pada Rabu, 15 Mei 2024 pukul 11.15 WIB. Dilaporkan bahwa kejadian tragis ini dikarenakan oleh korsleting listrik. Toko yang terbakar berada tak jauh dari halte bus PPD Transjabodetabek.

Doni, seorang warga berusia 42 tahun, menyaksikan percikan api terlihat di bagian depan ruang penyimpanan cat toko bangunan sebelum kebakaran terjadi.

"Saya melihat ada percikan api dari atas bangunan depan sebelum kebakaran terjadi," ujar Doni yang berada di sekitar lokasi kejadian.

Api dengan cepat membesar karena menyebar ke material yang mudah terbakar. Doni juga mendengar suara ledakan yang diduga berasal dari bahan cat pilox dan tiner yang meledak.

"Mungkin yang meledak itu cat pilox dan tinner," katanya. Pekerja toko berupaya memadamkan api dengan berbagai upaya. Bahkan alat pemadam api ringan (APAR) dari pul PPD juga digunakan. "Tapi APAR-nya tidak banyak membantu karena api sudah kadung membesar,” kata Doni.

Para pekerja toko berusaha keras untuk memadamkan api, termasuk menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) yang ada di halte PPD. Namun sayangnya, upaya tersebut terasa kurang efektif karena api telah menjalar dengan cepat. Warga sekitar juga berusaha membantu dengan membawa ember air dan alat seadanya untuk memadamkan api yang semakin membesar.

Api yang melahap toko bangunan ini juga merembet ke toko-toko sebelahnya yang juga berisi bahan bangunan. Kondisi ini membuat para pemilik toko dan warga sekitar panik dan berusaha menyelamatkan barang-barang yang masih bisa diselamatkan. Kebakaran ini juga menimbulkan kemacetan lalu lintas di sekitar area kejadian.

Kepala Pemadam Kebakaran Kota Depok, Budi Santoso mengatakan bahwa pihaknya telah menerima laporan kebakaran tersebut dan langsung mengirimkan tim pemadam ke lokasi kejadian. Namun karena api sudah membesar, diperlukan waktu yang cukup lama untuk bisa memadamkan seluruhnya. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian material diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

 

Editor: Jamhari Ali Gani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah