Menuju Idul Adha: Kota Depok Siap Sambut Ribuan Sapi Berizin

- 22 Mei 2024, 09:56 WIB
Ilustrasi hewan Sapi / Pixabay
Ilustrasi hewan Sapi / Pixabay /

RUBLIK DEPOK - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Depok sedang melakukan pendataan terhadap hewan ternak yang berasal dari luar wilayahnya. Sebanyak 1.150 ekor sapi telah mengajukan izin untuk masuk ke Kota Depok.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKP3 Kota Depok, Dede Zuraida menyatakan bahwa pihaknya berupaya untuk melakukan pengawasan terhadap lalu lintas hewan. Hal ini dilakukan mengingat adanya kasus sejumlah pedagang hewan kurban yang menjual hewan dari luar Depok selain dari Kota Depok.

"Pengawasan terhadap lalu lintas hewan, baik yang masuk maupun keluar dari Depok, akan diperkuat dengan surat edaran yang akan dikeluarkan oleh Wali Kota Depok kepada aparatur kecamatan, kelurahan, dan pedagang. DKP3 Kota Depok akan membantu melakukan sosialisasi terkait surat edaran ini," jelas Dede.

DKP3 Kota Depok telah menerima pengajuan rekomendasi dari pelaku usaha hewan kurban mengenai hewan ternak yang akan masuk ke Kota Depok dari luar daerah. Sebanyak 1.150 ekor sapi telah diajukan untuk rekomendasi tersebut.

Pada tahun sebelumnya, DKP3 Kota Depok telah melakukan pendataan terhadap hewan kurban yang beredar di Kota Depok. Terdapat 10.484 hewan kurban, terdiri dari 9.334 ekor sapi, 1.100 ekor kambing, dan 50 ekor domba.

DKP3 Kota Depok mengingatkan kepada pelaku usaha hewan kurban untuk meminta rekomendasi dari Kecamatan dan kelurahan sebelum membuka lapak usaha hewan kurban. Setelah mendapatkan rekomendasi, pemilik lapak usaha harus mematuhi ketentuan yang diberikan.

Pelaku usaha hewan kurban yang membawa hewan dari luar Depok harus memenuhi beberapa ketentuan, seperti memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan dari daerah asal serta telah divaksinasi PMK, Antraks, dan LSD. DKP3 Kota Depok akan mengawasi lalu lintas hewan dengan memeriksa sertifikat veteriner.

Selain itu, DKP3 Kota Depok telah melakukan vaksinasi anthrax, PMK, dan LSD terhadap hewan ternak yang akan dijadikan kurban di Kota Depok atas permintaan dari peternak. Ini menunjukkan bahwa peternak di Depok telah memahami pentingnya kesehatan hewan dan meminta bantuan dari DKP3 Kota Depok untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan.

Editor: Jamhari Ali Gani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah