Bawaslu Kota Depok Tindaklanjuti Laporan Pelanggaran Netralitas ASN oleh Sekda Kota Depok Supian Suri

- 24 Mei 2024, 06:05 WIB
Supian Suri
Supian Suri /

RUBLIK DEPOK - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Depok telah menerima laporan dugaan pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri. Bawaslu Kota Depok telah menindaklanjuti laporan tersebut dengan mengirimkannya ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Sulastio, Komisioner Divisi Penanganan Perkara, Data, dan Informasi Bawaslu Kota Depok, menyatakan bahwa pihaknya telah menerima laporan terkait dugaan pelanggaran netralitas ASN. Setelah mempelajari laporan tersebut, Bawaslu Kota Depok kemudian meneruskan laporan tersebut ke KASN.

"Sudah kami sampaikan penerusan kemarin ke KASN," ujar Sulastio (23/5/2024).

Menurut Sulastio, Bawaslu Kota Depok baru saja menerima satu laporan terkait dugaan pelanggaran netralitas ASN. Pelapor mengklaim bahwa terlapor melakukan politik praktis karena bertemu dan berbicara dengan partai politik.

"Pelapor memberikan laporan kepada kami pada Rabu atau 15 Mei 2024," jelas Sulastio.

Bawaslu Kota Depok telah meninjau laporan pelapor berdasarkan Perbawaslu Nomor 8 Tahun 2022 tentang Penyelesaian Pelanggaran Administratif Pemilihan Umum. Meskipun laporan tersebut tidak melibatkan Sentra Gakkumdu Kota Depok, Bawaslu mengakui bahwa ini bukan termasuk dalam dugaan pelanggaran pidana pemilihan.

Setelah melakukan analisis mendalam, Bawaslu Kota Depok memutuskan untuk melanjutkan laporan dugaan pelanggaran netralitas Sekda Kota Depok ke KASN. Keputusan terkait tindakan yang akan diambil terhadap Supian Suri akan ditentukan oleh KASN.

"Apabila laporan masuk kategori pelanggaran pidana, baru kami libatkan Sentra Gakkumdu," tambah Sulastio.

Editor: Iswahyudi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah