Dinilai Berhala dan Tidak Sesuai Adat Budaya Warga Bogor, Patung Dewi Kencana Akan Dibongkar

- 24 April 2024, 15:49 WIB
Patung Dewi Kencana di Pakis Hills, Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, ditolak warga dan tokoh agama setempat.
Patung Dewi Kencana di Pakis Hills, Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, ditolak warga dan tokoh agama setempat. /Foto: Facebook

RUBLIK DEPOK - Patung Dewi Kencana yang terletak di Pakis Hill, Puncak, Cisarua, Bogor, menuai kontroversi. Warga menentang keberadaan patung tersebut dan mendesak untuk dibongkar.

Rencana pembongkaran Patung Dewi Kencana ini menjadi viral di media sosial. Dikabarkan bahwa warga mengecam keberadaan patung raksasa tersebut.

Warga dianggap tidak setuju dengan keberadaan patung tersebut karena dianggap tidak sesuai dengan budaya lokal. Mereka meminta agar patung tersebut segera dibongkar untuk menghindari konflik.

Pihak kepolisian dan pemerintah setempat turun tangan dalam mengatasi polemik yang terjadi akibat Patung Dewi Kencana.

Pemerintah Kabupaten Bogor memfasilitasi mediasi antara warga dan pihak pengelola Pakuan Hills. Pemerintah berharap agar polemik terkait patung Dewi Kencana bisa diselesaikan melalui musyawarah.

Kepala Bidang Daya Tarik Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bogor, Yuliana Idris, menyatakan bahwa patung tersebut akan dibongkar sesuai kesepakatan yang telah dicapai.

"Info terakhir yang saya dengar, kemarin sudah ada kesepakatan antara kepala desa dan MUI mau dibongkar patungnya," kata Yuliana saat dihubungi wartawan, Selasa (23/4).

Yuliana menjelaskan bahwa telah terjadi kesepakatan antara kepala desa dan MUI untuk membongkar patung tersebut. Namun, ia belum memberikan informasi lebih lanjut terkait rencana pembongkaran tersebut karena masih dalam tahap analisis oleh Disparbud Bogor.

Pengelola Pakis Hills angkat bicara terkait keberadaan Patung Dewi Kencana tersebut. Humas Pakis Hills, Jatnika, menyatakan bahwa patung tersebut dibuat hanya sebagai daya tarik bagi para wisatawan.

Halaman:

Editor: Iswahyudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah