Fakta Menarik Tentang Kabupaten Sumedang yang Belum Banyak Diketahui, Simak Ulasannya

- 24 April 2024, 16:24 WIB
/kabar-sumedang.com/DOK/

RUBLIK DEPOK - Kabupaten Sumedang terletak di wilayah Priangan Tengah di Jawa Barat dan termasuk dalam aglomerasi Bandung Raya. Jarak antara Kota Bandung dan Sumedang sekitar 46 kilometer, dengan Sumedang berbatasan dengan Kabupaten Indramayu di utara, Kabupaten Majalengka di timur, Kabupaten Garut di selatan, dan Kabupaten Subang serta Kabupaten Bandung di barat.

Kabupaten Sumedang telah berdiri sejak berabad-abad yang lalu. Pada Rabu, 17 April 2024, daerah ini merayakan Hari Jadi Sumedang (HJS) ke-446.

Ada beberapa fakta menarik tentang Kabupaten Sumedang, antara lain:

Iwan Bahari/PRFM

  1. Kerajaan Sumedang Larang

Kerajaan Sumedang Larang merupakan salah satu kerajaan yang memiliki sejarah yang panjang di Indonesia. Berdiri sejak abad ke-16, kerajaan ini pernah menjadi kerajaan federasi bawahan dari Kerajaan Sunda yang kuat pada masa itu. Sebagai penerus dari Kerajaan Pajajaran, kerajaan ini memiliki banyak pusaka bersejarah yang menjadi bukti kejayaan masa lalu.

Kerajaan Sumedang Larang berada di wilayah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Nama Sumedang Larang sendiri berasal dari kata "Sumedang" yang merupakan nama daerah dan "Larang" yang berarti larangan. Hal ini merujuk pada sistem pemerintahan di kerajaan ini yang sangat ketat dan melarang rakyatnya untuk melakukan tindakan yang merugikan kerajaan.

Sejarah mencatat, kerajaan ini berdiri pada tahun 1528 Masehi oleh Sri Baduga Maharaja atau yang dikenal sebagai Prabu Siliwangi, raja terakhir dari Kerajaan Pajajaran. Beliau menyerahkan wilayah Sumedang kepada putranya yang bernama Prabu Surawisesa. Dengan demikian, Kerajaan Sumedang Larang secara resmi menjadi penerus dari Kerajaan Pajajaran.

Kerajaan ini dikenal sebagai kerajaan yang sangat berperadaban. Pada masa kejayaannya, Kerajaan Sumedang Larang telah mengembangkan sistem irigasi yang canggih untuk meningkatkan pertanian dan ekonomi masyarakatnya. Selain itu, kerajaan ini juga memiliki pusat kerajinan yang terkenal, yaitu pembuatan kain batik yang sampai saat ini masih menjadi kebanggaan daerah Sumedang.

Tidak hanya itu, Kerajaan Sumedang Larang juga memiliki sejumlah pusaka bersejarah yang diwariskan dari Kerajaan Pajajaran. Salah satu pusaka yang paling terkenal adalah Mahkota Binokasih. Mahkota ini digunakan oleh raja-raja Sumedang dan diyakini memiliki kekuatan magis yang melindungi kerajaan dari ancaman musuh.

Halaman:

Editor: Iswahyudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah