Terungkapnya Misteri Hilangnya Didi Hartanto yang Ternyata Dibunuh dan Dikubur di Rumah Sendiri

- 18 April 2024, 02:38 WIB
Tim Inafis Polda Jabar melakukan pembongkaran bagian belakang rumah yang dijadikan tempat penguburan Didi Hartanto korban pembunuhan di Perumahan Bumi Citra Indah Desa Pataruman Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Selasa 16 April 2024 .
Tim Inafis Polda Jabar melakukan pembongkaran bagian belakang rumah yang dijadikan tempat penguburan Didi Hartanto korban pembunuhan di Perumahan Bumi Citra Indah Desa Pataruman Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Selasa 16 April 2024 . /Tangkapanlayar Instagram @polrescimahi/

 

RUBLIK DEPOK - Misteri keberadaan Didi Hartanto (42) yang sebelumnya dilaporkan hilang namun akhirnya ditemukan terkubur di lantai rumahnya di Bumi Citra Indah, Desa Situwangi, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, telah terungkap setelah posisi ranjangnya menjadi kunci utama dalam penyelidikan kasus ini.

Didi Hartanto, yang bekerja sebagai tenaga honorer di Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) di Kota Cimahi, disinyalir dibunuh oleh seorang tukang kebun yang bernama Ijal. Korban dilaporkan hilang pada 30 Maret 2024 dan baru ditemukan pada Senin (14/4/2024) di dalam rumahnya sendiri.

Pihak keluarga yang awalnya bingung mencari keberadaan Didi, akhirnya menemukan titik terang setelah memasuki rumah korban yang terkunci. Keluarga curiga setelah melihat posisi ranjang yang berubah di dalam rumah Didi. Pada saat itu, kondisi rumah terlihat rapi dan tidak berantakan.

Sepupu korban, Agus Wardoyo (57), mengatakan bahwa setelah melaporkan korban hilang dan mendapati rumah dalam keadaan bersih, keluarga korban kembali melaporkan kejanggalan tersebut kepada pihak kepolisian. Hal ini dipicu oleh kecurigaan atas perubahan posisi ranjang dan hilangnya beberapa barang berharga milik korban, termasuk sepeda motor.

Setelah proses penyelidikan yang panjang, polisi berhasil mengungkap bahwa korban terakhir kali berkontak dengan Ijal, seorang tukang kebun yang melakukan pembunuhan terhadap Didi. Ijal mengaku membunuh korban pada 24 Maret 2024 karena sakit hati akibat tidak dibayarnya upah oleh korban.

Ijal mengambil kunci pipa di sekitar rumah Didi dan menghantam korban hingga tewas setelah terjadi cekcok antara keduanya. Setelah mengubur jasad Didi di bawah lantai dapur rumah korban, Ijal merapikan TKP selama beberapa jam dengan sangat rapi agar tidak menimbulkan kecurigaan.

Setelah mengambil barang berharga milik korban, seperti ponsel, sertifikat rumah, dan sepeda motor, Ijal melarikan diri ke Jakarta sebelum akhirnya ditangkap di Cianjur pada Senin (15/4/2024) malam. Salah satu sepeda motor yang diambil pelaku telah dijual, namun yang lainnya masih dalam pengejaran pihak kepolisian.

Awal Mula Penemuan

Halaman:

Editor: Iswahyudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah